5 Jenis Sepeda Mountain Bike Terbaik Di Dunia

Kita semua pasti sudah tahu bahwa MTB atau yang berkalimat panjang “Mountain Bike” memang merupakan salah satu olahraga sepeda yang cukup ekstrim dan mengerikan.

Mountain Biking atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “sepeda gunung” adalah suatu olahraga mengendarai sepeda gunung di jalanan gunung yang curam sembari menikmati keindahan panorama alam dan tentunya hal itu pun akan menciptakan kesenangan tersendiri bagi setiap pengendaranya.

Pada umumnya, jenis kegiatan yang terdapat dalam olahraga mountain biking ini terbagi menjadi beberapa bagian, diantara lain seperti cross country, trail riding, downhill, free-ride, street riding, dirt jumping dan trials. Akan tetapi dari semua jenis kegiatan tersebut, yang paling kerap dilakukan adalah cross country, trail riding dan street riding yang dimana 3 jenis kegiatan tersebut lebih bersifat tur tamasya.

Meskipun demikian seperti yang saya jelaskan diatas, akan tetapi pada dasarnya terdapat beberapa jenis sepeda yang wajib digunakan pada jenis kegiatan mountain biking yang anda pilih. Seperti contoh jika anda memilih jenis kegiatan cross country, maka anda wajib menggunakan sepeda A dan jika kegiatan trail riding, maka anda wajib memakai sepeda B dan sebagainya. Dan jika bagi anda yang merupakan seorang mountain biker, pasti sudah tahu segala jenis sepeda tersebut tanpa harus saya jelaskan lagi.

Tapi, bagaimana dengan anda yang masih merupakan kategori pemula ? Pastinya tidak tahu bukan ? Maka akan saya jelaskan secara rinci dan lengkap tentang beragam jenis sepeda yang terdapat di olahraga Mountain Bike, sebagai berikut :

1. All Mountain.

 border=

Jenis sepeda yang satu ini memang dikenal dengan kenyamanannya, terlebih saat melewati segala tanjakan gunung.Mengapa demikian ? Karena sepeda dengan jenis All Mountain ini dirancang dengan interupsi penuh yang terletak tepat di bagian depan maupun belakang sepeda.Dengan segala tingkat kenyamanan dan interupsi penuh yang dimiliki, sepeda All Mountain ini pun sanggup untuk melintasi segala lintasan diantara lain seperti tanjakan berbatu, mendaki ataupun menuruni bukit tinggi, berpetualang di hutan belantara serta tanjakan yang paling menguji nyali di dunia Mountain Bike yakni Offroad.

2. Downhill.

 border=

Jenis sepeda yang satu ini memang hanya diciptakan dan diwajibkan kepada seluruh pengendaranya untuk melewati tanjakan di bukit ataupun pegunungan. Dirancang dengan menggunakan ban berukuran besar, sepeda ini tentunya sangat tidak cocok jika dikendarai untuk melintasi daerah perkotaan dikarenakan pengendaranya akan cepat mengalami kelelahan sebab ukuran bannya yang terlampau besar jika dibandingkan dengan jenis sepeda Mountain Bike lainnya. Sepeda Downhill ini diciptakan hanya untuk melintasi daerah perbukitan ataupun pegunungan dan tentunya itu pun harus menggunakan kecepatan tinggi.Salah satu kelebihan dari sepeda Downhill ini adalah meskipun diciptakan dengan ban berukuran besar, sepeda Downhill ini sangat stabil dan sama sekali tidak mengalami kendala apapun ketika hendak berbelok di tikungan tajam ataupun saat menghindari bebatuan besar.

3. Freeride.

 border=

Jenis sepeda Freeride merupakan suatu sepeda yang memang diciptakan untuk menghadapi rintangan yang sangat berbahaya, seperti salah satunya melompat.Meskipun dilengkapi dengan tulang rangka yang cukup kuat, akan tetapi jenis sepeda Freeride ini tidak handal ketika digunakan dalam hal menghindari bebatuan dikarenakan timbangannya yang tergolong cukup berat. Dan salah satu fakta unik yang wajib anda ketahui tentang jenis sepeda Freeride ini adalah jenis sepeda ini akan membuat anda cukup lelah ketika dikendarai untuk jarak jauh.

4. Cross Country.

 border=

Jikat dilihat dari namanya “Cross Country” yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “Melintasi Negara”, anda pun pasti dapat menebak jika sepeda ini memang diciptakan untuk melintas dengan mudah.Yups, tebakan anda 100 persen benar. Sepada jenis Cross Country ini memang dirancang untuk sanggup melintasi jalan yang berjarak cukup jauh dan tentunya pun dilengkapi dengan kestabilan penuh.Namun jika anda ingin memperoleh kenyamanan penuh, anda disarankan untuk mengendarai sepeda Cross Country ini di daerah perkotaan. Salah satu keunggulan yang terdapat dalam jenis sepeda ini adalah tingkat keamanan yang terjamin karena pada bagian depan sepeda ini, terdapat suspensi berkualitas tinggi yang berguna untuk meminimalkan terjadinya benturan.

5. Dirt Jump.

 border=

Jenis sepeda Dirt Jump ini pada dasarnya memiliki fungsi yang cukup mirip dengan sepeda BMX yakni dapat berlaju dengan sangat kencang serta dapat melakukan lompatan tinggi yang mengerikan. Sepeda Dirt Jump ini pun dilengkapi dengan tulang rangka yang gagah dan kuat, namun tetap dihiasi dengan style dan karakternya yang khas. Pada umumnya sepeda berjenis Dirt Jump ini kebanyakan digunakan untuk melakukan Freestyle, terlebih karena mampu melakukan segala lompatan-lompatan tinggi, indah sekaligus membahayakan.

Jadi kira-kira begitulah sedikit informasi mengenai jenis sepeda yang terdapat di dalam olahraga Mountain Bike. Dan sekarang kita akan mengulas sedikit sejarah tentang munculnya jenis olahraga Mountain Bike ini. Jika anda merupakan seorang Moutain Biker (pengendara sepeda gunung) pasti nama-nama seperti Joe Breeze, Gary Fisher, Charlie Cunningham, Keith Bontrager dan Tom Ritchey sudah tidak asing lagi di telinga anda.Yups, sekumpulan orang ini merupakan pencipta sekaligus penemu olahraga Mountain Bike pada tahun 1970 silam. Dan gunung yang menjadi sasaran utama mereka saat pertama kali menciptakan olahraga ini adalah Gunung Tamalpais yang terletak di Amerika Serikat atau yang biasanya dikenal sebagai Mount Tamalpais.

Begitulah sedikit informasi tentang olahraga mountain bike yang dapat saya suguhkan kepada anda yang merupakan pecinta olahraga mountain bike ataupun hanya sekedar ingin mengetahui informasi tentang olahraga esktrim yang satu ini. Semoga artikel informasi ini dapat memberikan manfaat tersendiri bagi anda. Sekian dan Terima kasih.